4 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis

16 August 2021 / By metamorphosys
Cover-4 cara digital marketing meningkatkan

Teknologi digital telah membuka dunia baru bagi generasi pemimpin bisnis untuk mendapatkan prospek. Namun, tidak semua platform sama efektif dan efisiennya dalam memberikan prospek berkualitas bagi perusahaan.

Di dunia yang sempurna, di mana setiap kampanye pemasaran B2B yang Anda jalankan berhasil dan setiap kampanye yang bertujuan menarik prospek B2B dapat memberikan sejumlah besar leads berkualitas tinggi ke funnel penjualan Anda. Namun, faktanya tidak seperti itu, bukan?

Ada banyak sekali cara di luar sana tentang cara mendapatkan lebih banyak leads B2B. Jaman sekarang, pembeli jauh lebih canggih dan jeli daripada sebelumnya. Untuk mendapatkan leads dengan menggunakan cara yang konvensional, kita perlu menguras lebih banyak energi dan modal. Dan pada akhirnya,  perusahaan B2B perlahan mulai menggunakan cara yang telah digunakan oleh perusahaan B2C di era terkini..

Satu hal yang harus selalu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah “apa tujuan dari mendapatkan leads?”

Mendapatkan leads adalah tentang membawa orang yang tepat ke funnel penjualan Anda. Dan kemungkinan besar masing-masing leads tersebut akan berada pada tahap yang berbeda dari proses pembelian saat mereka muncul di hadapan anda.

Berikut adalah empat strategi digital marketing yang dapat membantu memberikan hasil yang lebih baik dalam mendapatkan leads yang berkualitas bagi perusahaan B2B Anda.

  1. Fokus pada Media Sosial bisnis

Kecuali Anda memiliki tim besar untuk mengelola media sosial Anda, adalah suatu kesalahan besar untuk mencoba aktif di semua platform media sosial yang memungkinkan. Sebagai awal, memaksimalkan kegunaan dari beberapa platform terbukti lebih efektif dalam upaya mendapatkan leads. Di luar itu, mengarahkan traffic ke situs web harus menjadi tujuan utama anda dalam menggunakan media sosial.

Setiap orang memiliki prilaku dan mindset yang berbeda di tiap-tiap platform media sosial yang berbeda. karena masing-masing platform memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengguna-nya. Jadi, jangan menyebarkan pesan yang sama di semua platform. Sesuaikan pesan Anda berdasarkan siapa orang itu dan apa yang mereka minati.

Twitter dan Instagram adalah platform yang tepat untuk meningkatkan brand awareness, dan sekarang sudah banyak automation tools untuk membantu Anda dalam memberikan konten secara reguler. Tetapi Anda tetap perlu menggunakannya untuk meningkatkan engagement dengan audiens Anda dan menghasilkan traffice ke web Anda. Anda perlu memastikan bahwa konten yang Anda deliver cukup baik sehingga orang ingin kembali ke situs Anda secara berkala / rutin.

LinkedIn juga merupakan lahan basah untuk mendapatkan potential leads bisnis. Dengan jumlah 756 juta pengguna, dan terus bertambah pada Juni 2021, 310 juta di antaranya adalah pengguna yang tercatat aktif setiap bulannya, itu harus menjadi platform yang harus diutamakan bagi tim sales dan marketing perusahaan B2B. Melalui LinkedIn, kita dapat mudah mengkategorikan pengguna berdasarkan profesi, pekerjaam dan berbagai faktor lainnya, hal itu sangat memudahkan tim sales untuk mencari leads baru. Selain itu, grup dan komunitas di LinkedIn juga dapat menjadi sarana yang tepat bagi tim marketing untuk mencari dan menjaring potential leads baru.

Masih banyak lagi platform seperti youtube, facebook, tiktok, dan sebagainya. Anda memiliki banyak pilihan di luar sana dan kuncinya adalah memfokuskan waktu Anda pada aktivitas yang tepat di platform yang tepat untuk mendapatka potential leads.

baca juga : Kerja metamorphosys ga perlu ngantor, tapi?

  1. Lanjutkan Menggunakan Email bisnis

Meskipun sudah terkesan “jadul” untuk digunakan sebagai alat penghasil leads, email tetap sangat efektif. Dengan menggunakan pengumpulan data dan menganalisanya dengan baik, tim marketing dapat secara tepat menargetkan suatu campaign kepada leads yang tepat dengan pesan yang tepat. Tim sales juga dapat menyiapkan pesan otomatis yang mengirimkan pesan pada interval waktu yang telah ditentukan.

Dengan stragegi yang tepat, kita dapat mengajak penerima email dapat berkontribusi pada klik di situs web Anda dan mendapatkan leads baru yang dapat Anda kembangkan dari waktu ke waktu. Jika digunakan dengan benar, email marketing dapat menjadi media yang sangat kuat untuk tetap berhubungan dengan leads Anda sampai mereka siap untuk menjadi pembeli.

 

  1. Memecahkan Masalah dengan Konten bisnis

Content marketing telah menjadi elemen terpenting dalam mendapatkan leads untuk perusahaan B2B. Ini mencakup pesan yang dibuat dengan tepat dalam bentuk artikel blog, ebook, dan video, yang bermanfaat atau bagi pembaca atau penontonnya.

Dimulai dari merumuskan masalah yang dialami oleh pembaca/penontonnya, anda dapat menguraikan masalah tersebut, menyentuh sisi kekhawatiran dari pembaca/penontonnya, dan menyajikan resolusi yang dapat diberikan oleh perusahaan anda. Mengoptimalkan SEO dari konten yang anda buat dapat mendekatkan anda dengan bola mata para calon leads anda.

Namun, bagian penting lainnya dari content marketing adalah mengetahui jenis konten dan platform yang digunakan untuk menyajikan content yang anda buat.

 

 

 

 

  1. Libatkan AudienceSecara Langsung

Sama pentingnya dengan platform yang Anda pilih, Anda harus melibatkan audience Anda secara langsung.

Sukses di instagram dan media sosial lainnya, misalnya, biasanya dipicu dengan mengundang reaksi terhadap konten Anda dan mersepon audience yang memang menunjukkan minat. Proses ini mengarah pada percakapan, dan berpotensi menjadi leads.

Salah satu cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan keterlibatan audience adalah dengan advokasi karyawan. Masing-masing karyawan tentunya memiliki social circle nya tersendiri, dan bila kita bisa menghimbauk karyawan untuk terlibat aktif dalam campaign yang kita buat, itu akan menjadi perpanjangan tangan bagi perusahaan untuk dapat menjaring leads lebih banyak.

 

Kesimpulan

Dari keempat cara diatas, ada 1 kalimat yang sangat lekat dengan masing-masing cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan leads, yakni menyajikan pesan yang “tepat”, pada platform yang “tepat”,  dan ditujukan ke arah yang “tepat”. Metamorphosys Creative and Digital Agency sudah terpercaya dalam melaksanakan hal tersebut, terutama dalam layanan Social Media Management yang kami miliki. Percayakan media sosial perusahaan anda kepada kami, agar kami dapat membantu anda untuk mendapatkan leads bagi perusahaan B2B anda.

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang

Integrately - Integrate Your Apps In 1 Click