6 Cara untuk Menemukan Hashtag Terbaik di Media Sosial

24 June 2021 / By metamorphosys

Untuk menemukan tagar yang spesifik untuk merek Anda, industri Anda, dan audiens Anda, Anda harus melakukan sedikit riset mengenai optimasi hashtag. Berikut beberapa tips cara yang efektif untuk melakukan optimasi hashtag:

 

1. Pantau Influencer & Pesaing Media Sosial

Mulailah dengan melakukan analisis persaingan di media sosial. Kumpulkan informasi tentang pesaing Anda dan influencer yang relevan sesuai brand Anda. Catat hashtag mana yang paling sering mereka gunakan dan berapa banyak hashtag yang mereka gunakan di setiap postingan mereka. Ini akan membantu Anda mempelajari bagaimana pesaing Anda terlibat dengan audiens target bersama Anda dan kata kunci mana yang cenderung mereka gunakan.

 

2. Gunakan Hashtagify.me

Hashtagify.me membantu Anda menemukan tagar Twitter atau tagar Instagram terbaik untuk brand Anda. Dengan alat ini, Anda dapat mencari tagar apa saja dan melihat seberapa populernya. Misalnya, jika Anda mencari popularitas #springtime, Anda akan mendapatkan hasil yang menunjukkan popularitas keseluruhan hashtag ini, popularitas terbarunya, dan tren dalam bentuk periode waktu bulan dan minggu.

Anda juga dapat mengetikkan keterangan Twitter atau Instagram Anda. Kemudian, itu akan memberi Anda saran hashtag.

 

3. Ketahui Hashtag yang sedang Tren

RiteTag memungkinkan Anda mengetik teks media sosial ke dalam bilah teks dan mengunggah foto yang akan dipasangkan dengan teks Anda.

RiteTag menghasilkan saran hashtag yang sedang tren berdasarkan konten Anda. Anda akan melihat tagar terbaik agar postingan Anda segera terlihat, serta tagar agar postingan Anda terlihat dari waktu ke waktu. Klik “Dapatkan Laporan” untuk analisis mendetail tentang tagar yang ditampilkannya.

Baca Juga : 7 Kesalahan Utama yang Sering Terjadi dalam Social Media Marketing!

 

4. Gunakan Social Media Listening Tools

Alat seperti Hootsuite memungkinkan merek Anda menggunakan aliran pencarian untuk menemukan tagar mana yang terbaik untuk semua jejaring sosial yang digunakannya. Sederhananya, aliran pencarian memudahkan untuk melihat tagar mana yang paling populer dan paling efektif.

5. Temukan Related Hashtag

Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang tagar mana yang berfungsi dengan baik untuk brand Anda, pertimbangkan untuk menggunakan fitur related hashtag. Ini mungkin sedikit lebih spesifik daripada tagar populer yang sudah Anda gunakan, yang dapat membantu Anda terhubung dengan audiens yang lebih bertarget. Di Instagram, tagar terkait ditampilkan tepat di atas tab “Atas” dan “Terbaru” saat berada di bagian Jelajahi Instagram.

 

Di LinkedIn, Anda dapat menemukan lebih banyak rekomendasi hashtag setelah mengklik hashtag. Pilih tombol “Temukan lebih banyak tagar” setelah menekan tombol elipsis.

6. Analisis Tagar Mana yang Berhasil pada Postingan Sebelumnya

Lacak hashtag mana yang Anda gunakan pada posting sebelumnya. Analisis postingan mana yang paling populer, lalu lihat apakah ada tren dengan tagar yang Anda gunakan.Jika Anda melihat beberapa postingan paling populer Anda selalu berisi beberapa tagar yang sama, pastikan untuk menyertakannya juga di postingan Anda selanjutnya.

Semoga dengan insight mengenai hastag ini, bisa membantu dan menginspirasi Anda dalam melakukan optimasi brand atau merek Anda di media sosial dan mampu mendatangkan pengunjung baru untuk menyukai, mengikuti, dan bahkan membeli produk atau layanan Anda. Selamat mencoba!

Penulis: Ryan Stevan
Referensi: Hootsuite – 6 Ways to Find the Best Hashtags
https://blog.hootsuite.com/how-to-use-hashtags/#6_ways_to_find_the_best_hashtags 

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang