Langkah Dasar Copywriting

20 May 2020 / By metamorphosys

Langkah Dasar Copywriting

Baik Anda seorang pemilik bisnis kecil, maupun pemilik bisnis skala menengah, memahami dasar-dasar copywriting yang berorientasi  pada penjualan akan membuat Anda berada di jalur kesuksesan. Pada intinya, copywriting adalah sebuah alat pemasaran bisnis. Tulisan yang ditulis dengan baik dapat membantu atau memecahkan masalah periklanan. Dengan mengingat hal itu, copywriting dapat disamakan dengan pengeluaran yang menguntungkan atau pemborosan uang yang sia-sia. 

Copywriting yang dibuat dengan baik tidak perlu susah-susah. Juga tidak harus tenggelam dalam huruf tebal dan huruf besar. Kalimat pesan itu harus berdiri sendiri tanpa keluar dari bahasa penjualan yang berat. 

Tips membuat copywriting yang menarik

Copywriting dalam membuat iklan terkadang sangat tricky. Berikan motivasi supaya pelanggan Anda ingin membeli produk Anda dengan 4 langkah copywriting ini: 

 

1. Tonjolkan kelebihan produk Anda 

 

Langkah pertama dari garis besar copywriting adalah fondasi untuk kampanye iklan Anda. Manfaatkan kelebihan produk Anda kepada pelanggan. Anda perlu menjelaskan alasan produk Anda adalah yang terbaik dan lebih baik daripada produk pesaing Anda berdasarkan kelebihan produk yang dimiliki.

Kunci kesuksesannya adalah Anda harus memahami betul semua kelebihan dari produk Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa audiens mengenal produk Anda dan dapat relate dengana produk tersebut. 

2. Kenali audiens Anda 

Di dunia ini tidak semua orang melihat iklan. Karenanya, setiap iklan harus memiliki audiens spesifik yang akan melihatnya, dan tugas pemasar adalah menemukan penempatan terbaik untuk memastikan audiens target akan melihatnya. 

Sebelum Anda membeli ruang iklan, pastikan Anda membelanjakan uang Anda di tempat yang tepat untuk mendapatkan keuntungan terbesar dalam hal paparan dan membangun kesadaran produk atau layanan Anda. 

Ada banyak atribut yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan profil demografis pelanggan Anda. Berikut ini adalah daftar contoh ciri untuk membantu Anda memulai inisiatif profil demografis Anda sendiri: 

  • Gender 
  • Usia 
  • Pekerjaan 
  • Minat

3.  Hindari Terlalu Banyak Informasi

Jangan pernah mengambil risiko kehilangan perhatian audiens Anda dengan memberikan terlalu banyak detail dalam salinan Anda. Copywriting yang efektif memberi tahu audiens Anda apa yang perlu mereka ketahui untuk bertindak dan melakukan pembelian atau bagaimana menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut.

4. Koreksi Tulisan

Sangat penting bagi Anda untuk mengoreksi salinan Anda dengan akurat. Salah satu cara tercepat untuk kehilangan kredibilitas dalam iklan adalah untuk memungkinkan kesalahan tata bahasa atau ejaan muncul di iklan atau bagian pemasaran Anda. Pelanggan akan menerjemahkan kecerobohan dalam iklan menjadi kecerobohan dalam produk dan layanan.

Bisnis profesional menghasilkan iklan dan salinan iklan berkualitas profesional, dan itu berarti salinan mereka telah berulang kali dibaca ulang dan bebas dari kesalahan.

Copywriting sangat mudah. Jika Anda melakukan penelitian dan persiapan sebelum melakukannya, tulisan Anda akan bersinar. Jangan takut mengambil resiko yang sudah diperhitungkan dan belajarlah dari kesalahan Anda, tetapi juga jangan sia-siakan budget iklan Anda yang terbatas.

Basic Steps To Do Copywriting

Whether you’re a small-business owner, a medium-size business owner, understanding the fundamentals of writing sales-oriented copy and put you on a path to success. At its core, copywriting is another device in a business’ marketing toolbox. Well-written copy can make or break an ad or marketing piece. With that in mind, copywriting can equate to either well-spent advertising investments or a waste of advertising money.

Well-crafted copywriting doesn’t need to beat a person over the head. It doesn’t have to drown in bold typeface and capitalization. The message should stand on its own without an overabundance of heavy-handed sales language and design embellishments. 

Tips on how to do copywriting

Do copywiting sometimes can be tricky. Motivate your customer to buy with these 4 copywriting steps:

1. Exploit your product’s benefits

The first step of the copywriting outline is the foundation for your advertising campaigns. A benefit is the value of your product to a customer. You need to put into words the reasons your product is the best available and better than your competitors’ products based on the added value it provides to your customers.

The key to success is for you to fully understand all the benefits of your product. Only then can you ensure that the audience knows them and can relate to them.

2. Know your audience

Every person in the world is not going to see every ad in the world. Each ad has a specific audience that will see it, and it’s the marketer’s job to find the best placement to ensure the target audience will see it.

Before you buy ad space, make sure you’re spending your money in the right place to get the biggest bang for your buck in terms of exposure and building awareness of your product or service.

There are many attributes you can use to develop a demographic profile of your customers. Following is a list of examples of traits to help you start your own demographic profiling initiative:

  • Gender
  • Age
  • Occupation
  • Interests

3. Avoid Too Much Information

Never risk losing the attention of your audience by providing too much detail in your copy. Effective copywriting tells your audience what they need to know to act and make a purchase or how to contact you for more information.

4. Proofread

It is critical that you accurately proofread your copy. One of the quickest ways to lose credibility in advertising is to allow grammatical or spelling errors to appear in your advertisement or marketing pieces. Customers translate carelessness in ads into carelessness in products and service.


Professional businesses produce professional quality ads and ad copy, and that means their copy has been proofread again and again and is error free.

Copywriting is truly easy. If you do your research and prep work, your copy will shine. Don’t be afraid to take calculated risks and learn from your mistakes, but don’t waste your limited advertising budget.

VISIT OUR WEBSITE AT HTTPS://WWW.METAMORPHOSYS.CO.ID TO EXPLORE MORE AND CHECK OUR INSTAGRAM AT HTTPS://INSTAGRAM.COM/METAMORPHOSYSID/

Read another blogs

3 Fitur Penting Instagram Untuk Bisnis Kamu

https://www.metamorphosys.co.id/tipe-tipe-konten/

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang