Metamorphosys

Tipe-Tipe Konten Yang Baik, Apa Saja?

Semua orang di media sosial selalu mencari konten yang bagus. Apa sebenarnya konten yang bagus itu? Konten yang berharga dapat didefinisikan sebagai konten yang hebat. Konten bagus dinilai dari isinya yang mendidik, menghibur, dan memberikan informasi kepada audiens.
Pengikut media sosial Anda tidak akan ragu untuk berhenti mengikuti atau berhenti berlangganan jika Anda mereka mendapatkan konten yang membosankan atau berulang. Jadi, penting untuk memahami konten seperti apa yang diinginkan target audiens Anda dan bagaimana mereka ingin menerima konten itu. 

3 Tipe konten umum di media sosial

Dalam prakteknya, masyarakat lebih senang untuk berinteraksi dengan brand apabila pada media sosial brand tersebut menyediakan konten yang menarik. Berikut beberapa tipe konten yang perlu Anda ketahui.

1. Manfaatkan konten yang dibuat pengguna (UGC)

Jika tujuan prioritas media sosial Anda adalah untuk meningkatkan keterlibatan audiens, maka ada baiknya untuk mencoba menggabungkan audiens Anda ke dalam konten yang Anda keluarkan. Konten buatan pengguna (UGC) adalah metode yang ampuh dalam strategi pemasaran. 
Pikirkan tentang ini: seberapa besar kemungkinan Anda akan mencoba restoran baru di suatu daerah jika salah satu teman Anda merekomendasikannya kepada Anda? Dibandingkan dengan restoran itu sendiri mengirimi Anda selebaran di email? Inilah yang dilakukan oleh UGC. UGC menempatkan kekuatan pemasaran di tangan konsumen yang bersemangat. Ini akan membantu Anda membuat konsumen potensial menjadi konsumen aktual ketika orang lain mendorong mereka untuk melakukannya

2. Giveaway

Siapa yang tidak suka hadiah gratis? Orang-orang menyukai barang gratis. Ketika Anda mendorong keterlibatan dengan janji akan sesuatu, Anda akan memotivasi pengguna baru dan lama untuk terlibat dengan brand Anda.
Di zaman di mana pelanggan selalu mencari koneksi yang lebih luas dengan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka. Mengadakan giveaway bisa menjadi cara yang bagus untuk menginspirasi audiens Anda supaya menunjukkan inisiatif dan membuat langkah pertama dengan menjangkau brand Anda.

3. Konten Tanya Jawab

Saat ingin berinteraksi dengan orang lain, biasanya kita akan mengajukan pertanyaan pada orang tersebut. Setelahnya baru kita berbincang lebih jauh. Hal yang sama dapat diterapkan dalam strategi social media. Ajukan pertanyaan atau polling pada Instagram story atau twitter, dapat membantu memberi inisiatif kepada audiens Anda untuk terlibat dengan konten Anda.
Pertanyaannya bahkan tidak harus bersifat bisnis. Menanyakan pendapat yang umum atau mengajukan pertanyaan yang bersahabat dapat menjadi cara yang cerdas. Tujuannya untuk mempersonifikasikan brand Anda dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk berinteraksi dengan audiens.
Tidak hanya sampai disana, dalam membuat konten ada 3 hal pula yang perlu diperhatikan agar konten semakin menarik, yaitu:

Buat rencana media sosial

Langkah pertama dalam membuat konten terbaik adalah menyiapkan rencana media sosial. Langkah ini sangat penting, karena itu akan membantu Anda tetap teratur selagi Anda melalui proses kreatif.
Gunakan media seperti Facebook Creator Studio, CoSchedule, dll untuk menjadwalkan posting di berbagai platform media sosial Anda. Beberapa media bahkan dilengkapi dengan analitik yang sangat bermanfaat dalam menentukan postingan mana yang berkinerja baik dan mana yang perlu penyesuaian tambahan.
Secara keseluruhan, rencana media sosial adalah alat untuk membantu Anda memahami audiens Anda, menarik minat serta membaca kebutuhan mereka. Selama Anda melakukan perencanaan ini, maka strategi media sosial Anda akan tetap berada di jalur yang benar.

Gunakan tagar

Akhir-akhir ini, tagar telah menjadi pilar bagi hampir semua platform media sosial. Tagar berfungsi seperti halnya kata kunci untuk situs web. Ada beberapa aturan agar penggunaan tagar menjadi efektif. Contohnya, jika terlalu banyak tagar akan mengurangi interaksi dan minat audiens.
Hashtag sangat fleksibel. Menggunakannya adalah cara terbaik untuk bergabung dalam movement atau obrolan yang sedang berlangsung. Jika Anda ingin memulai movement atau obrolan, maka Anda bisa melakukannya hanya dengan membuat tagar sendiri.

Bersenang-senanglah

Menggunakan media sosial untuk bersenang-senang bisa menjadi strategi yang sama pentingnya dengan mengeluarkan produk baru dan mempromosikannya. Yang terpenting orang menikmati konten yang Anda berikan. Dengan begitu mereka akan senang hati mengikuti dan berinteraksi dengan akun media sosial Anda.
Orang-orang tertarik pada brand yang tulus, dan memiliki selera humor yang bagus atau kepribadian yang unik. Membuat citra brand adalah cara terbaik untuk meyakinkan orang untuk bertahan. Dengan citra yang telah dimiliki akan membangun audiens, mendorong interaksi dan mengembangkan hubungan. Hal ini dapat menghasilkan keuntungan, publisitas, dan kesuksesan pemasaran media sosial.

Types of Good Content, What Are Those?

Everybody on social media is always looking for great content. What exactly great content is? A valuable content can define as great content. Valuable content consist of educate, entertain and give information to audience. 
Your social media followers won’t hesitate to unfollow or unsubscribe if you flood their feeds with boring or repetitive content. So, it’s important to understand what kind of content your target audience wants and how they want to receive that content.

3 Types of content that usually used in social media

In practice, people prefer to interact with brands if on social media the brand provides interesting content. Here are some types of content that you need to know about.

1. Make use of user-generated content

If your social media priority goal is to increase audience engagement, then it’s worthwhile to try incorporating your audience into the content you release. User-generated content (UGC) is a powerful tool in marketing strategy. What makes UGC so beneficial is that your consumers are making it whether you know about it or not.
Think about this: how much more likely would you be try out a new restaurant in the area if one of your friends recommended it to you? Compared to the restaurant itself sending you a flyer in the email? This is exactly what UGC does. It puts the power of marketing in hands of excited consumer. This will make a potential consumers to be more likely become actual consumers when someone else encourage them to do so.

2. Giveaway

Who doesn’t love a giveaway? People love free stuff, and when you incentivize engagement with a promise of something you’ll be motivating new and familiar users alike to engage with your brand.
In an age where customers are always on the lookout for deeper connections with the people they interact with. Hosting a contest can be great way to inspire your audience to show initiative and make the first move by reaching out to your brand.

3. Question and answer 

One of the best ways to engage with someone is to simply ask them a question. This is true in marketing. It’s true in social media. So obviously it’s true for your social media marketing success as well. Pose a question or poll on instagram story or twitter, can help incentivize your audience to engage with your content.
The question don’t even have to be of a business nature. Throwing in a fun poll or asking a friendly question can be clever and endearing way to personify your brand and make it easier for your audience to interact with it.
Not only that, in creating content there are 3 things to consider so that the content is more interesting, e.g:

Make a social media plan

The first step in creating the best content for your audience is to set up social media plan. This step is crucial, because it will keep you organized as you walk through the creative process. 
Use tools like Facebook Creator Studio, CoSchedule , etc to schedule posts across your various social media platforms. Some tools will even come equipped with helpful analytics that will be paramount in determining which posts are performing well and which posts need additional adjustments.

Overall, a social media plan is a tool to help you understand your audience and appeal to their interest and needs. As long as you keep that in mind, then your social media strategies will stay on the right tract.

Use hashtags

Lately, hashtags have become a pillar for just about every social media platform. They function a lot like keywords do for websites. Proper hashtag use does have some guidelines though. Too many hashtag can often decrease interaction.
Hashtags are incredibly versatile. Using them is a great way to invest in ongoing movement or conversation. If you want to start your movement or conversation, then you can do that by simply making a hashtag of your own.

Be fun

Using social media to have fun can be just as valuable a strategy as pushing your newest product or promoting a new deal. If people enjoy the content you produce, then they’ll happily follow and interact with your social media accounts. 
People are drawn to brands that are sincere, and a good sense of humor or a unique personality can be the best ways to convince people to stick around for a while. It builds an audience, encourages interaction and develops relationships. This can lead to profits, publicity and a whole new world of social media marketing success.

VISIT OUR WEBSITE AT HTTPS://WWW.METAMORPHOSYS.CO.ID TO EXPLORE MORE AND CHECK OUR INSTAGRAM AT HTTPS://INSTAGRAM.COM/METAMORPHOSYSID/

Read another blogs:

How To Enhance Your Online Presence Trough Social Media

CREATIVE THINKING PROCESS

Categories: Blog