Yuk Bahas Pentingnya Media Sosial Dalam Bisnis UMKM

30 May 2021 / By metamorphosys
Yuk Bahas Pentingnya Media Sosial Dalam Bisnis UMKM

Yuk Bahas Pentingnya Media Sosial Dalam Bisnis UMKM!

Sudah 1 tahun lebih Indonesia dilanda pandemi, selama itu pula kita sadari bagaimana pentingnya penggunaan media sosial dalam membantu suatu bisnis untuk tetap bertahan di era pandemi ini. Ya! Media sosial memang penyelamat banyak unit bisnis yang masih bertahan hingga detik ini. Banyak perusahaan baik Start-Up, bahkan perusahaan berskala raksasa sekalipun mulai menaruh investasi mereka di Digital Marketing terutama melalui media sosial. Namun bagaimana dengan bisnis UMKM? Apakah penggunaan media sosial dapat membantu UMKM untuk bertumbuh di era pandemi ini?

Yuk Bahas Pentingnya Media Sosial Dalam Bisnis UMKM
  1. Memberikan banyak manfaat untuk bisnis UMKM

Media Sosial bukan cuma sarana bersosialisasi. Banyak fungsi penting lainnya yang tentunya sangat berguna untuk bisnis UMKM. Diantaranya adalah untuk aktivasi branding, menjalankan marketing campaign, menjadi etalase portfolio, sarana untuk menambah koneksi, dan sebagainya. Jadi, peran media sosial memang teramat sangat penting bagi UMKM yang ingin bertumbuh lebih cepat dibandingkan UMKM yang masih menggunakan cara konvensional

  1. Waktu yang tepat bagi UMKM untuk mulai aktif di media sosial?

Kapan saat yang paling tepat untuk mulai aktif di media sosial? Tunggu omset bulanan mencapai 10 juta? 50 juta? Oh tidak! Media sosial itu gratis, manfaakanlah semaksimal mungkin. jangan menunggu saat yang tepat untuk mulai aktif di media sosial. Kapanpun Anda memulainya, itulah saat yang tepat.

 

3.Bila sudah mulai aktif di media sosial, fokus kemana dulu nih? Awareness atau langsung ke angka penjualan melalui media sosial?


Kita ambil perumpamaan yang sederhana saja ya.

Misalkan Pak Tono baru membuka toko sembako di perumahan A. Pertama-tama, yang dia lakukan adalah keliling perumahan sambil menyebarkan brosur. Tujuannya apa? Supaya warga setempat tahu kalau Pak Tono baru buka toko sembako disana. Selama 1 bulan, setiap hari Pak Tono rutin menyebarkan brosur. Area penyebaran nya juga diperluas dari hari ke hari, supaya ia dapat menjangkau lebih banyak warga.

Setelah 3 bulan, warung sembako pak Tono mulai ramai dikunjungi pelanggan. Lalu pak Tono sadar, di sekelilingnya ada 3 warung sembako lainnya. Agar pak Tono tidak kehilangan pelanggan, ia berusaha untuk memberikan layanan lebih ke para pelanggan nya. Mulai dari memberikan potongan harga, menawarkan jasa pesan antar, mendengarkan curhat dari pelanggan yang sedang patah hati, dan sebagainya.

Sekarang reputasi warung sembako pak Tono sudah cukup baik di perumahan tersebut. Warga cenderung merekomendasikan warung pak Tono kepada warga yang baru datang ke perumahan tersebut. Pak Tono sekarang tidak perlu menyebar brosur lagi. Ia hanya perlu memikirkan cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan menambahkan varian barang dagangannya agar ia dapat memunuhi seluruh kebutuhan pelanggannya.

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari contoh diatas? Apa hubungannya dengan media sosial? Ya! Fokus UMKM dalam menggunakan media sosial kurang lebih sama seperti yang dilakukan oleh pak Tono. Pertama, kita perlu fokus meningkatkan Awareness, berusaha agar akun media sosial kita diketahui dan dikenal oleh sebanyak-banyaknya orang. Lalu, kita mulai melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan engagement, tujuannya untuk membuat pengikut-pengikut akun media sosial kita betah. Lalu setelahnya kita tinggal memetik hasil penjualan yang berasal dari media sosial.

Yuk Bahas Pentingnya Media Sosial Dalam Bisnis

4.Untuk bisnis UMKM, paling cocok menggunakan platformmedia sosial apa ya?


Di tahun 2021 ini, Media sosial yang paling sering diakses oleh penggunanya adalah Instagram dan Namun penggunaannya tergantung dari jenis UMKM-nya. Bila UMKM-nya bergerak di bidang F&B, Jasa, Home Industry, dan sebagainya mungkin bisa fokus menggunakan Instagram. Tetapi untuk bidang Fashion, Make-Up, Health & Beauty, dan sejenisnya bisa fokus langsung menggunakan TikTok.

5.Bagaimana UMKM mengatur Budget untuk memaksimalkan fitur yang lebih profesional?



Budgetingitu sangat penting dalam menjalankan media sosial. Walaupun gratis, kita bisa lebih cepat meningkatkan awareness melalui ads (iklan)yang berbayar. Sebelum menjalankan ads, kemampuan budget UMKM harus diperhitungkan sebaik mungkin, jangan sampai overbudget atau merugikan cashflow bisnis Anda.

Selain menggunakan Ads seperti yang disebutkan di poin 6, UMKM juga bisa bekerja sama dengan Digital Marketing Agency untuk memaksimalkan potensi media-sosial nya. Kami dari Metamorphosys Creative and Digital Agency baru saja meluncurkan program yang cukup menarik, terutama bagi para pemilik UMKM yang ingin mulai aktif di media sosial. Kami meluncurkan Program Klinik Digital, yakni program yang dapat menyembuhkan dan merawat media sosial Anda, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau! Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://klinikdigital.metamorphosys.co.id/

Penulis : William Lim

VISIT OUR WEBSITE AT HTTPS://WWW.METAMORPHOSYS.CO.ID TO EXPLORE MORE AND CHECK OUR INSTAGRAM AT HTTPS://INSTAGRAM.COM/METAMORPHOSYSID/

Read another blogs

Followers Kamu Bertambah? Ini Fitur yang Akan Kamu Dapatkan

https://www.metamorphosys.co.id/3-tombol-yang-dibutuhkan-oleh-calon-pelanggan-di-website-toko-online/

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang

Leave a Comment

six + six =

*Please complete all fields correctly