Apa perbedaan SEO dan SEM?  

31 August 2021 / By metamorphosys
Cover-Apa perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM akan sering kamu temukan apabila kamu mulai masuk ke dunia digital marketing. SEO dan SEM merupakan teknik untuk meningkatkan posisi website kamu agar mudah ditemukan dan di kunjungi oleh orang dengan target kata kunci yang kamu tentukan, tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic promosi dan pemasaran produk, barang atau jasa yang kamu jual. Untuk lebih mengenal SEO dan SEM, mari kita bahas.

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Dalam menerapkan teknik SEO dibutuhkan analisa, karena kamu perlu mencari tahu kata kunci apa saja yang akan kamu gunakan yang juga paling banyak dicari. Untuk menerapkan teknik SEO dibutuhkan jiwa kompetitif karena bukan hanya kamu saja yang menggunakan teknik SEO dan menginginkan traffic tinggi di mesin pencarian. Secara teknis SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu penanda SEO kamu berhasil adalah semakin tingginya posisi website kamu dengan keyword di website pencarian. Semakin tinggi posisi website kamu maka semakin tinggi pula visitor yang mengunjungi website kamu.

SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan posisi website kamu agar mudah dikenali oleh calon pengunjung. Berbeda dengan SEO yang membutuhkan ketrampilan dan analisa yang matang untuk berkompetisi tanpa biaya, sebaliknya SEM membutuhkan biaya untuk meningkatkan posisi website. Namun, hasil dari SEM cepat terlihat bergantung dari berapa besar biaya yang dialokasikan untuk berkompetisi. Sehingga akan website kamu akan lebih cepat dikenali oleh calon pengunjung. Ketika kamu mencari keyword tertentu maka akan muncul beberapa website dengan logo ad dibawah judul website. Ketika kamu klik website dengan dengan logo ad tersebut, maka website akan dikenakan biaya. Jadi biaya yang digunakan tergantung dari jumlah klik yang didapat atau biasa disebut Per Pay Click. Apabila kamu ingin terjun di bisnis online atau dunia digital marketing, sebaiknya website kamu dapat tampil di mesin pencarian organik dan juga dapat ditampilkan pada bagian iklan mesin pencari. Artinya, jika bisnis kamu ingin cepat dikenali dan mendapat banyak pengunjung. Maka, SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.

 Baca juga : 3 Hal yang harus Anda lakukan setelah membuat website

Itulah perbedaan antara SEO dan SEM yang perlu kamu ketahui. Di Metamorphosys tidak hanya layanan jasa Search Engine Optimization, Digital Marketing dan Sosial Media. Tunggu apa lagi? Lakukan sekarang agar website Anda terus berkembang. Semoga bermanfaat.

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang

Integrately - Integrate Your Apps In 1 Click