Desain Konten Media Sosial untuk UMKM, Penting Ngga Sih?

28 July 2021 / By metamorphosys
cover - design konten media sosial

Tidak semua pelaku UMKM mampu mendapatkan hasil yang baik di dunia digital marketing.Penyebabnya banyak hal, mulai dari kapasitas sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan sampai dengan strategi yang digunakan masih kurang maksimal. Banyak brand berharap dapat mendapatkan penjualan melalui akun media sosial mereka hanya dengan sekedarmengunggah foto produk mereka setiap hari dengan jenis konten yang sama. Cara ini justru hanya akan membuat pelanggan Anda merasa bosan dengan konten brand Anda dan pada akhirnya memutuskan untuk berhenti berlangganan atau mengikuti brand Anda di media sosial.

Jadi seberapa penting desain konten di media sosial untuk bisnis? Sebelum memikirkan lebih jauh lagi tentang strategi pemasaran secara organik maupun berbayar di digital dengan bermacam fiturnya, tentu brand Anda harus memiliki konten dan didesain terlebih dahulu. Kembali lagi ke topik pembahasan, setinggi apapun biaya dan juga energi yang Anda keluarkan saat memasarkan suatu produk maupun jasa, jika konten yang Anda sebarkan tidak menarik bagi pelanggan Anda, maka pemasaran tersebut menjadi sia-sia.

Simak beberapa alasan penting mengapa Anda harus memperhatikan desain konten di akun media sosial brand Anda.

1. Warna dapat mempengaruhi pikiran dan emosi manusia

Dikutip dari berbagai macam sumber mengenai elemen grafis, warna dapat mempengaruhi emosi, energi, dan dapat dijadikan sebagai alat bantu komunikasi nonverbal (tidakmenggunakan kata-kata).

Terdapat banyak sumber yang mengidentifikasi fungsi, arti, juga manfaat dari beberapawarna secara spesifik. Jika dihubungkan dengan teknik marketing dan storytelling yang biasanya dipakai oleh kebanyakan b rand di media sosial. Warna dapat dikategorikan dan digunakan sesuai maknanya yaitu:

  • Warna Merah, sebagai warna yang melambangkan energi juga urgensi.
  • Warna Jingga, yang sering dikenal sebagai warna logo salah satu marketplace terkenal di Indonesia, dapat menunjukkan kesan agresif.
  • Warna Kuning, melambangkan kisah optimis dan juga semangat anak muda (kebahagiaan).
  • Warna Hijau, sama seperti warna umum uang, dapat memberi kesan kekayaan juga relaksasi.
  • Warna Biru, bisa diartikan sebagai lambang kepercayaan dan keamanan.Dengan melihat warna, manusia dapat merasakan beberapa emosi dan perasaan. Banyaknya informasi tentang makna dan manfaat warna bagi manusia dapat dimanfaatkan untuk strategi pemasaran melalui desain pada konten brand Anda.

Bacxa juga : Kolaborasi metamorphosys dengan PT PP Persero

2.Semakin menarik = Semakin disukai pelanggan

Setiap platform media sosial memiliki pengguna yang karakteristiknya berbeda-beda. Konten yang digunakan di setiap platform juga tentu saling berbeda, seperti Instagram yang lebih fokus dengan jenis konten foto dan video, Twitter dengan konten tulisan pendek, juga TikTok dengan konten mini video. Semakin desain konten brand Anda menarik dan cocok untuk pelanggan Anda di media sosial, semakin mungkin juga pelanggan akan menggemari konten tersebut. Hal ini dapat ditunjukkan dengan membuat desain konten yang unik, indah, dan mudah dimengerti. Jangan sampai hiasan dalam suatu postingan terlalu banyak, hingga membuat bingung pelanggan Anda. Seimbangkan antara informasi yang ingin disampaikan dengan tulisan, gambar maupun aset visual lainnya.

3.Memudahkan calon pembeli untuk melakukan pembelian

Untuk mengubah followers media sosial brand Anda menjadi pelanggan setia, Anda harus konsisten untuk menghasilkan desain dan konten yang kreatif di media sosial brand Anda. Hal ini bertujuan agar calon pelanggan atau followerssemakin percaya dan tetap mengikuti brand  Anda. Pastikan juga konten yang Anda buat dapat menghibur dan bermanfaat bagi mereka. Perlu diingat, media sosial adalah tempat pelanggan dan calon pelanggan Anda bersenangsenang, jadi pastikan desain dan konten kita nyaman untuk dilihat dan dinikmati oleh mereka.

Akan tetapi, untuk mendapatkan banyak pelanggan, bagaimana bentuk desain yang harusdipakai untuk setiap brand? Apakah harus selalu kompleks dan penuh warna? Atau yang sederhana saja? Jika Anda menanyakan hal-hal tersebut, kemungkinan besar Anda membutuhkan jasa desain grafis terpercaya yang bisa diandalkan untuk membantu brand Anda.

Metamorphosys menyediakan jasa desain grafis untuk media sosial bisnis (brand) serta strategi dengan dukungan tim ahli manajemen media sosial yang telah banyak membantu bisnis di Indonesia untuk berkembang. Didukung dengan pengalaman di bidang desain dan kreatif selama lebih dari 10 tahun, kami menawarkan layanan yang profesional dengan harga dan kualitas terbaik.

Kunjungi halaman ‘projects‘ pada website ini untuk melihat hasil pekerjaan kami atau

kunjungi dan ikuti kami di media sosial Instagram: www.instagram.com/MetamorphosysID

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan jasa desain grafis dan penanganan media sosial (social media management), silahkan hubungi tim Marketing kami:

0851 5674 3001 (William)Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda mengenai

pentingnya desain untuk konten brand Anda di media sosial. Sukses selalu untuk Anda!

Penulis: Ryan Stevan

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang

Leave a Comment

12 + 18 =

*Please complete all fields correctly

Integrately - Integrate Your Apps In 1 Click