Mengenal Branding & Manfaatnya untuk Bisnis

17 September 2021 / By metamorphosys
Cover - Mengenal Branding

ngehebApa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar nama Branding Aqua? Mungkin Anda termasuk salah satudari sekian banyak orang Indonesia yang mengidentikkan Aqua dengan air mineral, bahkan jika produktersebut berasal dari merek lain.Tetapi mengapa banyak yang beranggapan demikian? Jawabannya adalah merek Aqua yang kuat dalamindustrinya. Jika ingin merek milik bisnis Anda dikenal seperti contoh di atas, Anda perlu membanguncitra positif merek yang tepat.

Apa itu branding?

Sebelum memahami arti branding, Anda perlu mengetahui pengertian merek/brand terlebih dahulu.Menurut American Marketing Association, merek adalah nama, istilah, desain, simbol, ataukarakteristik lainnya dari sebuah produk atau jasa yang membedakannya dari yang lain.Oleh karena itu, branding adalah segala usaha untuk menciptakan sebuah brand. Dengan kata lain,proses menentukan misi, visi, serta logo dapat dikategorikan sebagai branding.

Lalu, Apa manfaat branding untuk bisnis?

Kebanyakan merek yang dikenal masyarakat luas memang sudah berdiri sejak lama, contohnya Aquatadi. Akan tetapi, merek air mineral tersebut tentunya tidak akan berada di posisinya saat ini tanpa usahabranding yang dilakukan secara konsisten. Bahkan, Anda tidak perlu terpaku pada merek-merek lamauntuk melihat manfaat branding terhadap sebuah bisnis. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Jawa Barat,maupun Jawa Tengah dan DIY mungkin pernah mendengar nama Makaroni Ngehe. Bisnis camilanmakaroni tersebut dimulai dengan satu kedai kecil pada tahun 2013. Kini, cabangnya sudah menjamurdi berbagai kota dan memiliki omzet hingga lima juta per hari dari tiap outletnya.Lalu, apa yang membedakan Makaroni Ngehe dengan camilan-camilan serupa yang sering ditemukandi depan sekolahan? Rupanya, merek Makaroni Ngehe itu sendiri memiliki daya tarik. Ditambah lagi,desain masing-masing kedai milik bisnis tersebut diseragamkan. Selain itu, ia tak hanya menyediakanmakaroni. Mie lidi hingga usus goreng pun dapat pelanggan beli di outletnya. Bagi penikmat rasa pedas,Makaroni Ngehe juga menyediakan beberapa tingkat kepedasan. Sangat berbeda dengan bisnis camilanmakaroni lainnya bukan? Nah, setelah melihat contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa branding merupakan salah satu kunciutama kesuksesan sebuah bisnis — dalam industri apapun. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Merek akan terkenal dengan mudah

Branding yang tepat akan membuat merek Andaterkenal. Ingat contoh Makaroni Ngehe? Bisnis tersebut berhasil membedakan brandnya darikompetitornya yang kebanyakan memiliki ciri sama.

Baca juga : Apa perbedaan SEO dan SEM?

  • Memberikan bisnis Anda posisi yang kuat dalam industri

Dalam jangka panjang, usahamemperkuat merek akan menempatkan bisnis Anda pada posisi yang strategis dalam industrinya.

  • Kepercayaan terhadap merek Anda akan meningkat

Brand yang dikenal secara positifakan lebih dipercaya dan lebih mudah menarik pelanggan baru. Selain itu, pelanggan lama jugaakan betah berbisnis dengan Anda jika kualitas dan citra merek terjaga.

  • Mendukung pemasaran merek itu sendiri

Usaha pemasaran Anda akan lebih mudah jikamemiliki merek yang sudah dipercaya. Konsumen yang puas dengan produk atau layanan Andaakan cenderung merekomendasikannya ke orang lain.

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang

Integrately - Integrate Your Apps In 1 Click