5 Tips Social Media Design yang “Outstanding”

26 September 2021 / By metamorphosys
Cover - 5 tips membuat social media

Pertumbuhan pesat platform social media (tips social media) selama beberapa tahun terakhir telah menyebabkan perubahan signifikan dalam cara influencer berkomunikasi dengan audiens mereka masing-masing. Ya, peran social media design menjadi sangat penting. Mulai dari politisi, pebisnis, atlet, dan artis menggunakan platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk berbagi ide baru, menjual produk baru, atau mempromosikan merek mereka. Keberadaan social media juga membuat para public figure lebih mudah untuk mengembangkan pengikut dengan menjadi viral tidak hanya di negara sendiri, tetapi juga di seluruh dunia. Hal ini juga tentunya menguntungkan bagi brand-brand besar yang ingin menjual produk mereka melalui laman media sosial. Lalu, bagaimana cara membuat social media design yang Outstanding?

mari kita ulas satu per-satu.

Pertama, bukan menjadi rahasia lagi jika saat ini social media design menjadi salah satu faktor pendorong suksesnya bisnis online. Bahkan, banyak perusahaan dan pebisnis yang menggunakan jasa desain social media post profesional demi mendapatkan tampilan postingan yang menarik dan berpotensi viral.

Seperti diketahui, sebagian besar pengguna media sosial menyukai konten visual atau konten yang mengundang gambar. Dengan kata lain, mereka cenderung malas membaca teks yang panjang, apalagi dengan tata bahasa yang sama sekali tidak menarik.

Di sisi lain, penggunaan konten visual juga membantu pembaca lebih cepat memahami isi yang terkandung di dalamnya daripada penggunaan konten berbentuk tulisan. Tentunya, konten visual harus didesain dengan profesional dan menarik agar pembaca tertarik untuk membaca semua info/promosi yang ada di dalamnya.

Sekarang, saatnya kita masuk ke dalam pembahasan tentang bagaimana cara membuat desain konten media sosial yang viral tanpa melupakan sisi kemenarikannya.

Tips Membuat Social Media Design yang Viral

Jika Anda ingin membuat social media design sendiri tanpa bantuan jasa sosial media, Anda dapat mengikuti tips berikut ini. Harapannya, dengan mengikuti tips ini, konten atau postingan media sosial Anda menjadi viral sehingga mendorong angka penjualan bisnis.

.

1.Tips Social Media yang Pertama Pilih Warna yang Sesuai

Pemilihan warna untuk konten media sosial tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, warna dapat mengubah mood orang karena adanya pengaruh psikologis. Dengan kata lain, pengguna media sosial yang mulanya tidak berniat membeli produk apapun, lalu melihat postingan Anda yang ternyata menarik baginya, ia lantas melakukan pembelian terhadap produk yang Anda promosikan di dalam postingan tersebut.

Jadi, pastikan warna yang Anda pilih sesuai atau senada dengan apa yang Anda promosikan. Misalnya, Anda mempromosikan produk kosmetik, pink atau merah bisa menjadi pilihan warna yang terbaik.

2.Tips Social Media yang kedua Gunakan Font yang Sesuai

baca juga: 5 situs desain UI teratas

Selain warna, jenis font yang digunakan untuk postingan tips media sosial sebaiknya disesuaikan dengan produk yang Anda promosikan. Misalnya, Anda menjual produk khusus untuk wanita, maka jenis font terbaik adalah yang berbentuk ‘soft’ atau lembut seperti font script (cursive). Sementara jika produk yang Anda jual khusus untuk pria, maka jenis font yang bisa Anda pilih adalah berbentuk ‘tegas’ seperti font sans serif.

Lebih lanjut, terapkan jenis font secara konsisten ya! Dengan kata lain, cukup satu jenis font saja yang digunakan untuk postingan media sosial.

3.Tips Social Media yang Ketiga Tambahkan Gambar dan Background

 

sebenarnya boleh-boleh saja Anda hanya menggunakan background dan tulisan di dalam postingan media sosial. Namun, hal itu kurang menarik. Apalagi tujuan Anda adalah untuk jualan produk tertentu.

Oleh karenanya, tambahkan gambar yang sesuai dengan apa yang Anda jual. Gambar dan background sebaiknya memiliki warna yang berlawanan atau kontras.

Selain itu, perhatikan jarak antara gambar dan tulisan. Berikan ruang yang cukup sehingga enak dilihat dan mudah dibaca. Sebagai tips, jika Anda membutuhkan tulisan yang cukup banyak, maka gunakanlah gambar yang sederhana dan kecil. Sebaiknya, Anda dapat menggunakan gambar yang lebih besar jika tulisan yang tersemat dalam postingan tidak banyak.

 

4.Pakai Layout yang Konsisten

Jika Anda ingin membuat serangkaian postingan atau postingan yang lebih dari satu, maka pastikan untuk memakai layout yang konsisten. Tentunya, layout yang Anda pakai harus memiliki konsep dan tema yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

5.Fokus Pada Konten Berkualitas Tinggi Sebelum Berinvestasi Dalam Periklanan

 

Satu kesalahan yang dilakukan banyak brand saat melakukan pemasaran di media sosial adalah berfokus pada kampanye iklan daripada pembuatan konten berkualitas tinggi. Sementara brand yang sukses tentu memiliki strategi pemasaran yang hebat, mereka juga secara teratur mengeluarkan konten berkualitas untuk membuat pelanggan tetap terlibat.

Sejatinya, konten akan selalu menjadi kunci kesuksesan sebuah brand. Jadi pastikan, sebelum berinvestasi ke periklanan (ads), pastikan konten Anda tepat sasaran.  Jika tidak, Anda akan membuang-buang uang untuk mengiklankan sesuatu yang tidak berfungsi. Jadi, viral saja tidaklah cukup. Cobalah untuk mengembangkan sesuatu yang sedang menjadi topik hangat agar tetap relate dengan apa yang ingin disampaikan oleh citra brand atau personal branding Anda

 

Metamorphosys menyediakan jasa desain grafis untuk media sosial bisnis (brand) serta strategi dengan dukungan tim ahli manajemen media sosial yang telah banyak membantu bisnis di Indonesia untuk berkembang. Didukung dengan pengalaman di bidang desain dan kreatif selama lebih dari 10 tahun, kami menawarkan layanan yang profesional dengan harga dan kualitas terbaik.

Kunjungi halaman ‘projects‘ pada website ini untuk melihat hasil pekerjaan kami atau

kunjungi dan ikuti kami di media sosial Instagram: www.instagram.com/MetamorphosysID

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan jasa desain grafis dan penanganan media sosial (social media management), silahkan hubungi tim Marketing kami:

0851 5674 3001 (William)Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda mengenai

pentingnya desain untuk konten brand Anda di media sosial. Sukses selalu untuk Anda!

About The Author

metamorphosys

A fast growing Creative & Design Studio based in Gading Serpong, Tangerang

Integrately - Integrate Your Apps In 1 Click